Memasuki era new normal, banyak orang kembali mulai beraktivitas seperti semula. Dalam kegiatan atau perjalanan ke suatu tempat, kita tidak bisa terlepas dari polusi sekalipun ketika kita berada di dalam ruangan. Kamu harus tahu bahwa kulit merupakan organ terbesar yang dimiliki oleh manusia. Kulit terletak di bagian paling luar sehingga kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh. Oleh karena itu, bagian tubuh ini menjadi yang pertama kali terpapar polusi udara. 

Namun tidak sedikit orang menganggap remeh polusi udara. Padahal polusi udara cukup berbahaya bagi kulit terutama wajah. Mari Ketahui Bahaya Polusi untuk Kulit Wajah.

Merusak Kolagen Kulit

https://www.freepik.com/premium-photo/woman-with-problematic-skin-acne-scars-wrinkles-dark-spots_5545815.htm

Senyawa kimia yang berasal dari polusi udara bisa menghambat produksi kolagen dan merusak struktur kolagen kulit. Maka dari itu, kulit wajah yang sering terpapar polusi udara memiliki kecenderungan lebih kendur, keriput dan kusam.

Dapat Menimbulkan Jerawat

https://www.freepik.com/premium-photo/skin-problem-with-acne-diseases-close-up-woman-face-with-whitehead-pimples-chin-menstruation-breakout-scar-oily-greasy-face_9557506.htm

Dalam polusi udara terdapat banyak debu kotoran yang bisa menyumbat kelenjar minyak di kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Muncul Flek Hitam

https://www.freepik.com/premium-photo/freckles-face-old-women_3340186.htm#page=1&query=dark%20spots%20on%20face&position=2

Polusi udara dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Hal tersebut membuat sel tubuh menghasilkan antioksidan dan melepas melanin secara berlebih untuk melawan kerusakan yang terjadi. Jika semakin lama ini terjadi maka akan muncul flek hitam.

Memicu Kanker Kulit

Kulit mampu menyerap berbagai zat berbahaya yang terkumpul dalam polusi udara. Jika ini berlangsung dalam waktu lama, maka risiko terjadinya kanker kulit akan semakin besar. Kondisi ini akan menjadi lebih buruk lagi apabila kamu juga sering terpapar sinar ultraviolet setiap hari.

Setelah mengetahui bahaya polusi udara untuk kulit wajah, alangkah baiknya mulai dari sekarang kita cegah hal tersebut dengan cara rutin menggunakan sunscreen, mencuci wajah dua kali sehari, hindari merokok, dan menggunakan perawatan wajah yang mengandung antioksidan.